Pages

Friday, April 29, 2016

Latihan menulis perlu ini..

Masih banyak hal yang belum bersahabat dengan saya, salah satunya waktu. Saya belum bisa memanfaatkan waktu dengan baik, efektif dan efisien. Ada banyak faktor yang berpengaruh, mulai dari faktor internal atau eksternal. Kalau menurut saya, yang dimaksud internal adalah faktor pada diri sendiri sedangkan faktor eksternal mencakup semua hal di luar diri sendiri, nah kalau yang eksternal agak susah diprediksi dan diatur jadi saya akan coba fokus membahas faktor internal.

Kalau saya review lagi kegiatan sehari-hari saya, tidak semua kegiatan yang dilakukan itu penting dan urgent! Tentunya penting atau tidak pentingnya tergantung dari tujuannya atau targetnya. Nah sesuai dengan artikel sebelumnya, target saya adalah menulis di blog ini minimal satu artikel per dua hari dengan target diakhir tahun sekitar 180 artikel. Berarti yang saya anggap penting adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan target itu, misal menulis (sudah pasti kalau yang ini), mencari referensi walau tidak harus dengan membaca buku dan kegiatan sebagainya. Nah semua itu hal-hal yang menurut saya saat ini penting untuk target saya. Buat Anda yang punya target lain pasti memiliki hal-hal penting selain yang saya contohkan tapi intinya seperti itu.

Saya belum tahu banyak cara bagaimana supaya bisa lebih fokus sampai bisa mengefektifkan waktu semaksimal mungkin. Sudah coba cari-cari artikel tentang itu tapi belum ketemu yang cocok untuk saya. Pastinya tiap-tiap orang punya caranya masing-masing, kalau Anda belum cocok dengan cara yang saya ceritakan, coba cari cara lain agar Anda lebih fokus!



Nah jangan lupa juga, proses sampai bisa menemukan cara yang cocok juga belum tentu mudah. Lagi-lagi pasti tingkat sulitnya berbeda-beda tiap orang, tapi kalau saya pribadi sudah buat target sampai saya bisa menulis saya butuh 10.000 jam! Berat ya..tapi saya pernah baca satu artikel (link-nya nanti saya lampirkan diakhir tulisan ini ya) yang intinya untuk menguasai satu bidang diperluhkan setidaknya 10.000 jam. Jadi pertanyaannya sekarang adalah "Mana 10.000 jam kamu?" 

Berikut Link artikel yang saya bahas:


No comments:

Post a Comment